Saturday, November 11, 2017

Serupa namun tak sama (Because this is my first life vs We Married as Job)

Sudah lihat Drama Because This Is My First Life gak? menurut aku mirip dengan We Married as Job. Maksud aku tema cerita ya. Ibarat beli martabak A dengan B tapi rasanya berbeda.


Kesamaannya terletak pada mengusung tema nikah kontrak antara pemilik apartemen dan penyewa. Kebanyakan drama yang mengusung nikah kontrak tuh laki- laki lebih dominan namun cerita kali ini keduanya peranan laki- laki wanita sama- sama menghargai menghormati. Seperti because this is my first life yang mana kedua tokoh lahir mengedepankan laki- laki (istilahnya patriarki). Namun See Hee juga tak ingin Ji Ho melaksanakan tugas menantu yang berat saat peringatan upacara (kalau di indonesia kayak peringatan 1000 harinya atahu haul kali ya bagi muslim yang melaksanakan).

Tokoh utama pria  drakor Because This My First Life yang mana Nam See Hee bekerja di perusahaan sart-up IT begitu juga tsuzaki di dalam We Married as Job. Karakter tokoh utama pria yang belum pernah dekat wanita hingga dikira kelainan seksual atau gay oleh teman sekantor See He. Begitu juga Tsuzaki yang jomblo profesional selama 35 tahun. Ini yang lucu unik jarang banget ada lelaki seperti ini kalau di dunia nyata apalagi bisa dibilang menurut aku lead male tokoh lelaki baik- baik hihi.


Karakter utama wanita yang Yon Ji Ho lulusan Universitas Seoul (Kalau di Indo UI kali ya) jurusan sastra untuk jadi penulis namun gagal. Begitu juga Mikuri lulusan S2 psikologi tapi belum mendapatkan pekerjaan sehingga menjadi ART sebagai pekerjaannya. Tak jauh berbeda dengan Ji Ho yang melakukan tugas Rumah Tangga sekaligus merawat kucing See Hee.
Ironi ya. Hampir semua orang pernah merasakan hal ini sudah lulus namun tak kunjung dapat pekerjaan :(


Kesukaan pada cerita ini adalah pendekatan cerita yang disesuaikan kultur negaranya. Di We Married as Job pernikahannya sah secara agama kali ya, karena gak dijelaskan secara detail. Cuma tahu dari substitle nikah siri. Di Jepang mayoritas agama shinto jadi nikah sah secara agama sana mungkin.

Kalau Because this is my first life berhasil melaksanakan pernikahan secara sah dengan pesta. Kalau di Indonesia resepsi. Ya namanya pesta pernikahan pada umumnya pasti undangan ramai dengan tamu keluarga dan teman orang tua.


Karakteristik drama jepang yang jalan ceritanya cenderung unik nyentrik menurut aku sedang drama korea lebih ke sweet. Menurut aku drama Because this is my life mirip dengan We Married as job namun tak sama. Entahlah aku lupa jalan cerita We Married as Job karena sudah setahun yang lalu. Bagiku meski mengusung romance comedy tetap saja related dengan kehidupan sehari- hari misalnya sudah cari pekerjaan, percintaan dan sosial


Gambar diambil dari asianwiki, chariszha.com, soompi, kshowid.com, TBS, TVN

No comments:

Post a Comment