Aku menulis ini gegara nonton video Zona Korea keluarnya Woojin Straykidz di saat yang bersamaan keluarnya Wonho Monsta X. Ketika menonton video itu dan baca komentar si youtube. Aku bisa menyadari bahwa boygroup yang aku sukai Super Junior sungguh amazing banget.

Jika keluarnya Woojin Straykidz dikarenakan keidealisnya karakter woojin serta ketidakcocokan manajement membuat ia memutuskan keluar. Jika baca komentar karena meski woojin main vokal tapi part dia dikit karena cenderung rapp lagunya didukung kurangnya perhatian dari si empu JYP. Maklumlah pembentukan Straykidz dari chan sunbae. Mungkin mau bikin genre hip hop kali ya. Tapi kan JYP suka genre musik yang ya kek michael jackson pop gitu.





Nah hubungannya dengan Super Junior apa? Jadi inget episode Knowing Brother eps 199, Shindong baru dapat part ketika di album ketiga. Meski tidak banyak sorotan tapi punya caranya sendiri tuk nunjukin siapa dia. Sehingga orang mengenalnya dia sebagai idol yang memiliki bakat variety baik setelah heechul. Mengenai vokal dan tariannya good. Meski bertubuh tambun tariannya itu lho luwes. Oh iya sekarang dia mencoba diet di Juvis demi kesehatannya. Wah bullyan dia soal body shaming gak pernah berhenti. Bersyukurnya manajemen dia tidak menyuruhnya diet tuk ngurusin berat badan. Lihat member lain kek Yesung yang terobsesi diet ekstrim saja, Shindong tak peduli. Dia mudah tergoda soal makanan. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Tapi dibalik itu semua dia itu sebagai formasi dancer Super Junior. Sebagai lulusan Tari ia gak serta merta menerima dance dari koreografi terkenal dunia pasti dia ubah tuk perubahan formasi gimana. Apalagi Shindong bertanggung jawab dalam Music Video Director. Mungkin itu kali ya resep yang kudu ada jika ingin sebuah boygroup bertahan saling support tanpa iri dengki satu sama lain karena semuanya memiliki tupoksi masing- masing.

Kebijaksanaan member suju dalam menyikapi permasalahan yang ada bijak sih. Misalnya mengenai kesehatan Heechul mengenai rasa sakitnya akibat kecelakaan hingga membuatnya tak kuat menari lama- lama. Tapi oleh member suju terutama Eunhyuk di life bar bahkan suju returns bahwa tidak harus menari bersama tapi bisa berdiri di panggung dengan lengkap. Makanya Heechul secara aktif tampil di variety sebagai member super junior.

Ketika anniversary Suju ke 10 aku ketar ketir dengan diberinya label suju. Bisa jadi boomerang mengingat album magic mengecewakan trus dikasih label sendiri trus vakum. Aku sempat kuatir dengan kemunduran album kedua solo Yesung dan Kyuhyun yang mengalami kemunduran. Sepertinya para member belajar cepat untuk itu. Pas comeback black suit ada progress lebih baik.

Di tiap member memiliki kemampuan gak cuma sebagai idol tapi bakat dan keahlian mumpuni.

Leeteuk MC
Heechul Variety show, lirikus
Yesung drama musikal, vokal 
Shindong Music Video Director, director dance
Siwon Investor dan Bisnisman, aktor, unicef
Eunhyuk Concer Director, dancer
Donghae komposer, dancer
Ryeowook drama musikal, vokal
Kyuhyun variety, vokal


Perbedaan karakter tidak membuat grupnya pecah maupun bubar yang ada saling mencoba bijak dan belajar dewasa. Bagi elf pasti tahu perihal incheon battle perbedaan karakter yang bikin terlihat canggung padahal sesama lahir tahun 83 beda 10 hariπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Namun karena belajar sikap dewasa itulah leeteuk heechul mencoba memahami dan melengkapi. Sebenarnya ada banyak member yang masih saling canggung kek Shindong Donghae wkwkwk.


Dengan turut serta orang tua dalam support Super Junior justru menambah penyedap rasa kekeluargaan terjalin kuat. Lelaki sukses bisa dilihat dua hal, pertama siapa ibunya siapa wanitanya. Tiap ibu masing- masing punya caranya sendiri mendukung super junior. Kek ibunya eunhyuk yang diceritakan di life bar siapapun member suju pasti disambut hangat tuk ngucapin terima kasih sudah mau dengan eunhyuk. Saling berkabar dengan member lain. Apalagi sifat ortu suju yang tidak jauh berbeda.


Support elf yang menurut aku amazing. Di saat suju debut antara ada dan tiada sampai elf turun di jalanan demo dengan kuatirnya perubahan formasi sekaligus membeli saham SM ent. Sekarang total saham menjadi 3%. Tapi kekuatan elf bisa jadi boomerang juga sih jika kelakuan member tidak disukai elf. Kek sungmin sampai sekarang digantung.