Tuesday, February 12, 2019

Komentar buku ria sw off the record


Ya sesuai dengan judul bukunya Off the Record ya menceritakan dibalik layar proses pembuatan video food vlogger Ia. Wah aku bisa memahami tuk jadi youtuber itu gak mudah. Butuh modal, keuletan, kegigihan, kreatif dan kerja cerdas

Ia kamu mesti butuh kamera yang bagus karena sekarang orang suka pada nonton yang kualitas video HD. Trus butuh strategi marketing gak cuma asal ceplos gitu terkonsep gitu. Trus butuh kegigihan dalam konsistensi upload video. Gak kayak blogger aku ini males banget terus buat nulis hoho. Dan kerja cerdas apabila ditengah proses gak sesuai rencana.

Kalau blogger gak butuh modal besar buat nulis. Asal menulisnya berbobot, informatif dan shareable. 

Bikin video juga gitu apa yang membuat orang jadi tertarik ama video Ia? Kalau menurut aku banyak footage yang menarik. Ya semacam icon lucu gitu. Apalagi fanbase kpop di Indonesia besar lho makanya pasti penontonnya kpop sekaligus pecinta makan gitu. Kalau aku yang bikin tertarik personality Ia jujur, footage di video lucu, konsistensi tiap minggu upload dan editing video alus banget. Mungkin pengalaman jam terbang kerja di balik layar di malesbanget.com ama kerja di tv gitu.

Wah untuk bikin video bagus kayak Ia banyak drama ya, mulai dari percintaan, kesehatan, dan makanan gak sesuai harapan. 

Kan Ia sempat vakum tuh gak bikin video satu bulan sepertinya sakit pada leher akibat makan pedes yang ekstrem.

Kisah yang bikin aku tersentuh tuh tentang Bokap Ia karena meninggal pas kuliah bareng dengan aku. Kuliah ada hubungan komunikasi, trus dalam percintaan kudu punya rules gitu. 

Pokoknya baca buku ini kamu bikin senyum sendiri, trus bewarna banget di tiap halaman, dan ya sedikit rancu buat aku ada semacam bipolar karena keresahan di dunia nyata ia tulis dan keresahan dunia alien Ia. Hohoho. Meski tidak ditulis secara gamblang gimana proses pembuatan mungkin maklumlah Ia kan tulalit jadi kadang lupa detail gimana hehe ✌ Ia. Wajarlah kan proses buat video uda lama sedangkan bikin buku beberapa bulan kemudian. Seenggaknya kamu cukup tahu tentang hal dasar bikin video, dan ceritanya inspiratif 👍

Komentar Super TV season 2 ep 11- 12

All content from xTvN


Bisa dibilang aku telat nulis tentang ini hahaha. Habisnya tanggung banget nulis super tv. Pengen deh segera super tv season 3. Tapi sayangnya nunggu kyuhyun. Kyuhyun keluar wamil bulan mei maka pasti rilis super tv sekitar juni atau juli.. Masih lamaa..


Btw ini tentang ryeowook yang baru keluar wamil sekaligus perayaan telah memenangkan game tahta 3 menang berturut turut dengan berlibur mewah di pulau jeju. Sebelumnya member yang jemput Ryeowook ada Leeteuk, Siwon, Donghae dan Eunhyuk. Nah pas perjalanan penjemputan eunsihae rebutan siapa orang yang paling dirindukan oleh ryeowook. Di tengah jalan, mereka berhenti ke peristirahatan jalan tol gitu buat beli camilan kyk teobokki dsb. Eh pas beli, eunhyuk disangka leeteuk hihi.


Selanjutnya scene beralih ke Shindong, Heechul, Yesung lagi di pulau jeju. Lucunya buat nyiapin kejutan ala ala balon balon gitu. Sayangnya mereka uda kecepekan kali ya padahal mereka niupnya pake alat pompa. Nyiapik surprise khas shindong style ala ala balon gitu.


Nah saat penjemputan sesuai dengan janjinya siapa yang akan dipeluk duluan oleh Ryeowook. Eh leeteuk main nyelonong aja jadinya dia yang terpilih gitu. Ya mereka pelepasan dan memberi sambutan gitu penggemar yang nunggu dari semalam kemarin. Oh iya keluar wamil Ryeowook bertepatan ultah Heechul 10 Juli gitu. Nah pas tiup kue, kalian tau gak harapan heechul. Semoga semua member sehat selalu sampai bikin super junior junior. Gak kebayang. Bayangin bapaknya aja sudah gesrek gimana anaknya coba. Wkwkwk

Nah dalam perjalanan menuju Jeju, Ryeowook diberi wardrobe oleh stylist Eunhyuk. Wah ternyata eunhyuk berbakat jadi stylist gitu. Katanya ia beli baju tertera harga 1000 won eh harganya 1500 won gitu jadi tokonya ngambil 500 won. Wah untung banyak ya


Saat kasih surprise ke ryeowook itu sudah terlihat. Kalau ryeowook akrab ke yesung buktinya sampe meluk gitu beda ama shindong heechul. Trus mereka makan bersama. Nah saat makan, ryeowook kasih surat ke semua member dan isinya menyentuh semua.

Selama di Jeju pokoknya mereka diisi bersenang- senang mulai estafet main arcade, santai makan bareng lagi, menyelam air ke kolam namun malamnya para hyung line (leeteuk, heechul, yesung, shindong) ga ada karena balik ke seoul. Jadinya tinggal berempat Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook.


Di sini biasalah si Masi Siwon mau kasih hadiah ciri khas dia ala american style yang champaine di semprot kemana- mana. Kalau orang kaya gitu ya champaine mahal dibuang buang sampe ryeowook ngomong dia suka pamer dan aku berusaha tersentuh di saat siwon lagi ambil hadiah. Wah ckckckck. Kamu bisa tahu sifat asli dan hubungannya. Berarti ryeowook gak deket ya ke siwon. Pantes Siwon suka gangguin nelpon ke changmin. Kalian nonton deh vlive tvxq pas 2017 gitu. Trus Siwon tuh orangnya sensitif gitu. Aku jadi penasaran siwon sohib ke member suju siapa ya..

Monday, February 11, 2019

Running Man eps 437 ( Go Ara, Jung Il Wo, Kwon Yul, Park hoon)

All content from SBS



Karena promo drama sejarah sbs Haichi pas tayang plot senin selasa rilis 11 februari. Maka tema game tentang raja gitu castnya ada Go Ara, Jung Il Woo, Kwon Yul dan Park Hoon.

Terus terpilih dari staff ada tiga kandidat Raja yaitu So Min, Suk Jin, Jung Il Woo. Nah kedua diantaranya penipu satunya benar benar raja. Sisanya mereka boleh memilih mau ikut raja yang mana.

Nah Raja So Min, ada Jae Suk, Se chan, Kwon Yul
Raja Il Woo, Go Ara, Ji Hyo
Raja Suk Jin, Haha, Park Hoon, Kwang Soo, Jong Kook


Berhubung ada yang berat sebelah maka jong kook di transfer ke Raja Il Woo. So min ingin ke il woo tapi gak bisa kan dia jadi raja. Jong kok keliatan tanda bendera perang ke So Min ia benci banget. Slalu menyerangnya bahkan di episode lalu yang mana ungkap rahasia member kan so min partner jong kok wah diungkap berbeda dengan So Min yang segan takut. Bahkan di episode guest Kim Byung Ok kan nebak telepati siapa member runningman terganteng semua jawab kim jong kok cuma So Min jawab lain Haha.


Kwang Soo orangnya bener- bener serius buktinya pas game lipat jari kan bagi yang punya pacar kudu lipat jarinya dengan gentle melipatnya. Biasanya kan kalau urusan pekerjaan ya pasti gak diakui gitu hohoho.. Bahkan di eps lalu pas setelah ada pengumuman dating Kwang Soo kan game berpasangan ama Chung Ha wah image cowok playboy ilang bener2 dicuekin.. Wah cinta mati ya.. Sekarang jadi karakter playgirl So Min..



Trus Park Hoon cerita bahwa ia tidak pernah berdebar ke lawan kolega main kecuali istrinya pas ketemu drama teater jantungnya berdebar sampai akhirnya menikah. Oh iya Park Hoon ini jago main game lho. Park hoon ini yang pernah main drama Dots ama musuh bebuyutan Hyun Bin di drama kemarin Memories of Alhambra. Terus ia berasal dari satu kampung halaman yang sama dengan suk jin makanya suk jin kasih no hp ke dia tapi sayangnya dia lupa maklumlah faktor umur.

Il Woo baru beres banget keluar wamil langsung cuss main drama dan promo di variety. Kwon yul ini suaranya oke lho dan jago nari pas karaoke di runningman. Kedua guest ini jarang banyak sorotan :(

Trus Kang Gary disinggung ke Ji Hyo "Apakah ia tidak berdebar ke kolega seperti Gary?" dengan tegas "Siapa Gary?" wah sungguh bener- bener dilupakan gitu ya. Aku gak habis bikir main kerja bareng bertahun tahun kok gak ada rasa kekeluargaan sampe Gary segitunya. Bener deh member baru baik So Min maupun Se Chan ga nyatu ke member lama. 

Buktinya Jae Suk slalu ngalah kalau ada bagi tim. Pasti di situ ada So Min ada Se Chan kalau gak Jae Suk.




Dan screen time runningman jadi berat sebelah lebih ke sorot ke So min. Padahal Ji Hyo lucky deh dulu. Eh Ji Hyo di shipperin ke Jong Kok gitu. Tapi Jong Kok bagus kok kepada ibunya sangat menghargainya apalagi wanitanya. Kuakui sebagai penikmat runningman Jong Kok menghargai banget ke semua cast cewek siapapun itu.

Namun sejak member baru ini ada screentime gak banyak sorot ke bintang tamu lebih banyak ke So Min sebel deh. Bagi yang fans So Min sorry ya. Abisnya tiap guest datang runningman gak banyak sorotan, sebut saja super junior, eps 436 juga, wah banyaklah. Tapi anehnya kenapa masih ngikutin ya hmhm..


Eh Go Ara memang cantik lho kok aku baru nyadar mungkin kurang promosi kali ya di SM untung dia keluar. Buktinya kameraman sering sorot ke diam berarti kameraman normal haha. Trus kan ditanya peran apa yang diinginkan mengingat sudah 17 tahun berkarir eh jawabnya peran jatuh cinta. Kan kaget ya memangnya slama ini gak dapat peran jatuh cinta. Ternyata peran jatuh cinta bergairah dan ia ingin ama Jo In Sung. Sumpah lawan mainnya Jung Il Woo dicuekin haha.



Maaf ya aku gak jelasin detail gamenya. Tapi gamenya seru kok buktinya aku masih bisa ketawa. Aku nulis yang berkesan aja.

Komentar buku Raditya Dika Ubur- ubur lembur



Jujur ya dari banyaknya buku Raditya Dika yang best seller. Baru kali ini aku baca buku Raditya Dika. Pantes banyak orang yang nge-fans ama dia. Kenapa ia mendapat gelar President Jomblo, kenapa disukai kawula muda dan pengikutnya banyak. Dengan baca buku ini sudah menjawab yang ada. Karena ia menulis apa adanya, tulus, tidak direkayasa dan sesuai pengalaman dia.

Cerita ini ya khas Raditya Dika, apa yang ia tulis ya penting diomongin. Keresahan hidup dia ia tuliskan dengan balutan comedy khas dia. Aku suka ceritanya. Ringan, lucu, realistis, dan menyentuh. Membuat aku terbangun tuk lebih berkarya, lebih hidup dan gak boleh ngeluh bin malas.

Cerita yang paling nyentuh tuh pas ia menceritakan soal Kathu itu lho pernah muncul di video Raditya Dika. Aku jadi mengenal orangnya seperti apa bahwa dianya orangnya tulus. Satu lagi cerita ubur- ubur lembur yang membuat hatiku nyess tersindir gitu. Menurut aku tulisan radit ini penuh rasa yang bacanya seperti aku masuk dibagian cerita sampe aku ketawa ngakak banget. Cerita di buku ini kamu bakal banyak mikir dan merenung mau kemana sih hidup kamu entah karir, cinta dan sosial.

Saturday, February 9, 2019

Review Komentar All the Butlers/ Master in the House ep 54- 55 ( Lee Yeon Book)

All content from SBS


Seorang chef masakan Tiongkok. Dikenal dengan srigala kesepian dari Myeon-dong karena semasa muda ia sering berkelahi tuk melindungi area pasar yang mengganggunya. Pokoknya beliau ini besar di area ya sejenis kampung tiongkok gitu. Pokoknya tempat itu sering dipake syuting. Kirain aku lihat di film drama jika ke tiongkok beneran ternyata lokasinya ini. Oh iya beliau ini belajar memasak sendirian lho ga ada majikan. Makanya beliau iri ama tim the butlers karena di tiap pekannya berjumpa majikan

Terus hidden call, heechul super junior. Belum apa apa sudah ketebak siapa majikannya haha. Kalian kudu nonton eps 54 ini. Heechul ini sudah mencoba reservasi restoran Lee Yeon Book tapi selalu ditolaknya padahal sudah nelpon 100-200 kali ckckck 

Majikan Lee Yeon Book ini punya keinginan menyajikan makanan tiongkok ke para mantan majikan The Butlers. Wah banyak majikan gak bisa karena kan libur tahun baru imlek. Apalagi Lee Sun Hee, kesukaan majikan gak bisa datang karena persiapan konser. Wah wajahnya auto surem haha
Dan tim the butlers diuji tuk menentukan hirarki peringkat memasak. Mulai dari Sang Yoon yang lambaat banget karena memasaknya itungan fisika mesti tepat irisan 0.2 mm. Seung jae yang takut ama pisau. Seunggi sedikit lebih cepat dari Sang Yoon dan pastinya Se Hyeong yang pertama karena memang jago mengiris. Semuanya mendapat jatah tuk memasak makanan tiongkok. Kecuali Seung Jae bikin roti goreng isi udang hihihi


Kalian tau gak majikan yang diundang ada Kim Min Soo bagai naga si mulut kotor. Jeo In Kwon bagai macan dari Sam Cheon sedang Kang San Eh bagai phenix dari Jeju. Wah pertemuan mereka canggung bin lucu. 

Trus mereka diajak ke rumah majikannya yang mana rumah itu rumah impiannya yaitu seatap dengan putra putri menantu mereka.. Tapi ada pemisah kok ada 3 lantai gitu. Di tiap lantainya milik majikan, dan putra putri menantunya gitu

Terus mereka diuji tuk mengecap menebak bahan apa yang dimakan dengan hidup ditutup gitu. Siapa yang menang dapat hadiah sekaligus tanda murid majikan. Wah semua pada kesal ama Sang Yoon karena pengalaman sebelumnya hadiahnya mesti ke Sang Yoon hihi. Tapi sepertinya Sang Yoon blm beruntung ma yang ini. Finalnya Seunggi vs Se Hyeong gitu. 

Majikan bikin pangsit karena pas kerja di kedutaan Tiongkok pas hari raya imlek diisi koin. Siapa yang beruntung dapat koin artinya ia dapat hadiah gitu.. Mungkin karena Tahun babi kebetulan Seung Jae lahir tahun babi makanya cuma ia yang dapat koin hihi.. Tapi sayangnya ia bisa tahu bahwa lidahnya kehilangan rasa pengecap yaa :(


Ujian test terakhir memasak dengan sisa pangsit yang ada dengan menggunakan 3 juri dari murid favorit majikan, mentor majikan seorang chef yang punya restoran tiongkok dan satunya yang baju merah orang tiongkok asli. Pokoknya wajahnya sering wara wiri di tv hihi

Masakan siapa yang menang antar Seunggi dan Se Hyeong..
Kalian nonton sajalah seru kok acaranya hihi..

Wednesday, February 6, 2019

Fakta Yunho TVXQ terbaru 2019

1. Aku mulai dari beres wamil ya. Setelah keluar wamil april 2017. Nah pas SM Town in Seoul kan yunho tampil tuh, wah celana yang ia pakai robek. Padahal baru intro lagu trus daleman merahnya kelihatan lagi wkwkwkwk. Tapi dia pede lho terus menari sampe akhir. Bahkan setelah itu, masih aja sempetin kasih sambutan ke penonton

2. Di Happy Together 2017 special Chuseok. Yunho ditawari jadi menantu Seung Chul lho. Langsung dengan sangaat sopan menolaknya ya. Kenapa ya?

3. Yunho dijuluki Mansour karena semangatnya yang gak abis abis. Sampe Changmin kelelahan ngimbangi partner-nya haha.

4. Ia juga suka pemberi nasihat. Bahkan saat trainee, Yunho menghampiri Changmin tuk melihat video dia saat jadi rapper di lagu penyayi DANA. Bahwa untuk bisa tahap seperti ini mesti bekerja keras

5. Karena sifatnya dia yang suka mendatangi trainee dan lainnya tak heran dipercaya menjadi General Manajer/ Chief Manager Staffdi SM Entertaiment. Ya semacam disiplin dan menilai idol di SM. Bahkan di Happy Together special SM 2018. Baekhyun bilang suka ada Yunho time sampe manajer staf menunggu Yunho selesai bicara. Good for SM langkah yang tahu memanfaatkan talent.

6. Dia punya hak paten terhadap produk dalam pembuatan kopi ekspresso gitu

7. Ketika wamil karena makan teratur mengakibatkan berat badan naik bahkan Changmin melihat ia di internet mungkin berat badannya naik banyak mengakibatkan celananya robek (gak parah sih). Itulah kenapa ia meminta Yunho tuk kurusin agar menarik lagi seperti pasangan Goblin. Gong Yoo- Lee Dong Wook gitu

8. Pada saat libur wamil. Yunho gak sengaja mendengar perdebatan perkumpulan gadis siapa yang terbaik antara EXO dan BTS. Yunho ingin sekali nama TVXQ disebut. Perkumpulan gadis tahu TVXQ dan memuji penampilan live terbaik. Karena ia menunjukkan dirinya langsung melepas masker gak sadar bahwa berat badan naik membuat wajahnya sulit dikenali sehingga perkumpulan gadis bilang "Ya apa maksudmu? Kami tahu Yunho sedang wamil bahkan wajahnya kecil bermata besar". Gegara itu ia janji akan menceritakan kejadian ini di TV. Dan ia sudah melaksanakan janjinya

9. Btw soal menepati janji. Kata dindin, yunho menepati janji menenggak soju 62 gelas sesuai jumlah staff variety Dunia: Into the world, padahal memiliki lambung lemah akibat keracunan tempo lalu

10. Bagi cassie old pasti tahu tentang Yunho keracunan jus jeruk dengan superlem oleh sasaeng 😢

11. Gegara itu ia mengalami trauma dan gangguan panik. Ia kesal sendiri karena datang ke tempat tertentu yang menyediakan jus jeruk sehingga ia menyiapkan 10 botol jus jeruk dengan merk yang sama. Awalnya gemetaran memegang botol apalagi meminumnya. Namun sedikit demi dikit mulai membaik sekarang ia sudah bisa meminum jus jeruk sekali teguk

12. Di variety Lets Eat Dinner Together, Yunho bercerita bahwa dirinya terlahir dibawah berat normal oleh karena itu ia sering makan sup tulang gitu

13. Selama wamil, ia dipercaya tentara pasukan khusus. Tapi aku gak tahu ya gelarnya apa ntar jika tahu aku perbarui

14. Yunho, Siwon, Minho dan Suho masuk orang bersemangat di SM Entertaiment bahkan Lee Soo Man menghindari mereka haha. Btw grup ini dinamakan Yunho line. Yunho bersemangat tentang meningkatkan budaya korea, Siwon tentang CEO, Minho tentang hubungan orang lain dan Suho perencana strategis. Tapi bagi Yunho, Minho dan Suho hanyalah orang yang serius bukan passionate bangeet

15. Jika ada trainee, Yunho suka datang ke tempat latihan mereka dan mengatakan "Monarki" gitu

16. Yunho pernah bikin malu Changmin. Kalian inget gak comeback TVXQ lagu 'Keep Your Head Down' nah saat intro ia ngucapin "Changmin-ah sangeil chukka hamnida" maksudnya selamat ulang tahun. Nah itu yang bikin malu. Ada kok postingannya di ig @changmin88

17. Btw Yunho punya akun IG namanya @yunho2154 Aku penasaran arti angka 2154


18. Yunho ini meski hujan badai api menyerang apapun rintangannya ia totaal di atas panggung. Bahkan SMtown in Singapura kalau gak salah tahun 2012/2011 pokoknya sblm SMtown ke Indonesia. Nah kan pas di singapura hujan. Ia bilang "Jangan sampai hujan menghentikan kita" jadi seperti itulah di variety Knowing Brother eps 97

19. Saat konser di Amerika pernah kepalanya terbentung lantai. Gak ingin kuatir ia bilang "Armstrong" maksudnya I'm Strong. Sejak itu ia sering dipanggil Yunho Armstrong

20. Waktu masih trainee umur 17 thn, melihat iklan di home shopping ada jaket kulit tak terbakar tertarik membelinya. Trus Heechul meragukannya bahwa itu bohong daan Donghae menghasut tuk mencoba membakarnya. Awalnya adu mulut hingga mencoba nyulut api dan dengan mudahnya jaket kulit terbakar. Tapi anehnya kok Yunho ketagihan ya belanja di home shopping bukannya males kan pertama beli mengecewakan haha

21. Jika kalian nonton vlive pertama TVXQ, yunho dan changmin mengaku introvert dan pemalu. Kalau changmin keliatan tapi Yunho hm.. hmm.. Gak nyangka ya

22. Yunho dulu sebelum wamil selera minum seperti anak SD karena suka coklat dingin sampe terlihat chubby sekarang sejak wamil jadi suka Americano makanya tirus sekarang

23. Sejak wamil hidupnya jadi lebih teratur bangun tidur langsung rapihin selimut dan beberes.

24. Ritual bangun tidur dance dengan powefull ya. Kalian nonton aja di I live Alone haha

25. Terus Yunho ini fashionable banget. Bayangin mau berpakaian kudu bertarung pilih baju apa eh gak tahunya yang dipilih baju yang lain. Lihat aja di I live alone, ngeluarin jaket hitam yang dipake malah kuning gold gitu


26. Yunho ini suka nongkrong dengan genk temannya angkatan lahir 85 dari gwangju. Selain Son Ho Jun sisanya teman gwangju. Ckckck

27. Yunho cs memiliki cafe 85st coffe shop yang didirikan teman mainnya itu (sumber: ig aerishinki)

28. Kalau kumpul ama temannya. Aktivitasnya minum kopi, makan makanan penutup dan main bowling

29. Menurut aku ya Yunho real kidal soalnya makan minum pake tangan kiri tapi anehnya kalau nulis tangan kanan ya. Bisa aja kan karena faktor lingkungan kalau jabat tangan pake tangan kanan

30. Fans Yunho sangat setia dan bersemangat mengikuti Yunho kemanapun dia pergi tanpa menganggunya. Di Radio Star ep 601, Kim Won Hyo cerita saat minum kopi disaat Yunho tersenyum semua pengunjung pada tersenyum kepadanya. Mungkin bagi Yunho dianggap biasa karena terbiasa. Bagi Won Hyo gak nyangka sampai mengikuti main bowling bahkan di Saat Yunho berdiri semua berdiri. Jika strike semua tepuk tangan

31. Yunho disebut jimat manusia. Jika ia berada di restaurant dan bar berjumpa orang. Orang akan bersalaman meminta "Beri aku saran" bukan foto. Bahkan setelah berjabat tangan sampe orangnya berteriak meraung seperti merasakan energi semangat. Tambahan dari Won Hyo, orang di sebelah lintasan main bowling ingin berjabat tangan karena ingin strike hihi

32. Yunho selalu dance saat telanjang ketika mandi. Dari sana ia bisa tahu kekurangannya saat menari bahkan bisa menciptakan dance yang unik. Kalian pasti tahu dance mirotic yang terkenal itu terinspirasi ketika Yunho mandi. Pantes terjawab sudah kenapa mandinya lamaa

33. Yunho pernah bertengkar dengan BoA gegara tidak memanggilnya oppa. Wah Yunho keras kepala ya. Jadi di korea tuh meski lahir di tahun yang sama jika lahir duluan kudu sopan kepada yang tua. Sedangkan BoA adalah penyanyi senior yang mana duluan dia debut makanya sohib mereka. Tapi banyak yang shipper dan baper. Ada juga yang kontra ama mereka berdua

34. Yunho tiap paginya suka memasukkan uang koin ke celengan. Bahkan masih trainee kegiatan ini terus dilakukan tapi di galon gitu. Sepertinya galon nyimpen uang koin masih ada jika kalian nonton di I live alone ep 237. Daan leeteuk pernah nyuri uangnya yunho ini buat makan para membernya yang kelaparan :(. Berarti yunho tetap membumi yaa.. Gak berubah

35. Yunho tidak pernah bertingkah lucu depan pasangan namun akhir ini sering melakukannya ke manajernya. Mengingat manajer yang ngurusi selebrity makanya ia bertingkah lucu tandanya mengandalkannya.

36. Yunho sebelum tidur merekam suaranya sendiri. Isi rekamannya tentang apa yang mesti dilakukan besok hari. Daan menggunakan dialek gwangju dan seoul haha. Terkadang menyisipkan musik sebagai latarnya. Minimal tuh 5 menit buat ngerekam dia ngomong trus didengerin sampe tidur

37. Karakter kakaotalk yang ia sukai adalah Muzi (sumber: thepalaceofcassieopeiaindo )


38. Termasuk member terkuat menguasai Hapkido level 2 (sabuk merah- hitam), Taekwondo level 3 sabuk hitam, muay thai dan UFC Martial Arts.. Ckckck.. Kamu bisa lihat di sosmed atau internet mulai bisa mecahin susunan bata, ngerobek pakaian dalam satu tarik sampai kancing berhamburan keluar, cuma mengayunkan lighstick aja uda pecah gitu (sumber dbskfanbase.id)

39. King of Rock Papper Scissor maksudnya raja dalam suit gunting kertas gitu. Aku pernah lihat gitu video di sosmed tuk siapa yang duluan di make up kan suit gitu nah yunho selalu menang (dbskfanbase.id)

40. Terpilih idol dengan kepemimpinan terbaik menurut knetz dari segi kejujuran, rasionalitas, pesona, kedisiplinan, kelembutan dan karisma. (dbskfanbase.id) Wah padahal anggota member cuma satu ya hihi

41. Memiliki impian ingin membeli gedung untuk membuat sekolah musik memperkuat budaya korea

42. Yunho Changmin terpilih tim direksi Jeju Air "special employee" karena meningkatkan citra dan keuntungan USD $26,4 juta (390 M)

43. Yunho pernah menjadi rating pencarian teratas di naver no 1 sebagai orang berpengaruh sosial ekonomi politik menurut survey KTT APEC november 2018 ( aerishinki). Nah kok bisa? Kenapa Yunho bisa pengaruh gitu? Kan dia idol bukan bisnisman???

44. Lelaki yang memiliki tinggi 184 cm ini gak kuat minum bisa dilihat eps terakhir 72 hours tvxq

45. Menurut aku ya Yunho sangat mendambakan pernikahan. Kalian bisa lihat bagaimana ia sangat nyimak ke guest yang bicarain tentang anak istri di radio star ep 601



Komentar: aku mau menambahkan fakta terbaru yunho. Jujur ya aku suka personality bukan karyanya. Lebih kepada orangnya haha. Oh iya aku dapat info ini dari berbagai acara variety show korea sekaligus ig aerishinki, dbskfanbase.id dan thepalaceofcassieopeiaindo
Aku posting bertepatan ultah dia yang jatuh tanggal 6 februari hari ini.. Kita sama2 lahir tanggal 6