Episode 418 Knowing brothers kedatangan tim T1. Bagiku yang tidak tertarik dunia E-sports menarik sih episode ini. Namah insight baru. Heechul sangat mengidolakan T1 sampai berdandan make up penuh dan rambut rapih. Heechul pernah makan malam bareng dengan Faker, meski Faker lebih tajir tapi Heechul yang mentraktir karena lebih tua. 

Jika kalian penikmat game League of Legend pasti tahu group T1 asal Korea Selatan. T1 ada lima orang terdiri Zeus sebagai Top Laner T1, Oner sebagai Jungler T1, Faker sebagai Mid Laner T1, Gumayusi sebagai Bot Laner T1 dan Keria, Ryu Min Seok sebagai Support T1. Keria, Oner, Gumayusi kelahiran 2002, Zeus kelahiran 2004 dan Faker tertua kelahiran 1996. 

Proses untuk menjadi game profesional, semua member T1 pernah main game League of Legend. Semuanya member kecuali Faker harus melalui tahapan pernah di posisi challenger kala SMP kecuali Oner saat SMA. Berbeda Faker sudah ditarik jadi pemain pro saat perunculan League of Legend sewaktu kelas 9 dan debut di usia 18 tahun. 

Sebelum menjadi pemain game profesional, semua member harus melewati fase challenger. Di Korsel ada 300 orang yang berpartisipasi. Gumayusi bermain ada sekitar 10 ribu babak dengan tingkat kemenangan 55%. Pernah bermain 3300 babak dalam satu musim. Satu babak menghabiskan 30-35 menit. Alasan tingkat kemenangan bisa 55% karena jika peringkatmu naik maka bermain dengan lawan di level serupa. 

Untuk bergabung T1 ada open rekrutmen bahkan Zeus dan Keria mendaftar dirinya ke T1. Ternyata sebelum tergabung T1 masih ada seleksi dalam group berbeda dengan tiga tingkatan barulah fix jadi member T1. Sedangkan lainnya direkrut tanpa proses pendaftaran. 

T1 menjadi juara dunia LoL sejak 7 tahun lalu. Ini pengalaman kedua bagi Faker berbeda dengan rekan timnya baru menang tahun 2023. Awalnya T1 bersepuluh namun karena terus berada di peringkat kedua jadilah mengalami krisis. Pernah Keria dia tahun 2022 kalah dari tim sebelumnya yang dulunya ia pernah bergabung. Keria menangis tersedu-sedu sampai Faker bingung. 


Prestasi T1 di tahun 2023 T1 tak hanya menjuarai pertama game LoL 2023 tapi juga mendapatkan medali Asian games 2022. Zeus, Faker dan Keria tergabung timnas Korsel E-sport. 

Fakta menarik Gumayusi T1 LoL


  • Lee Jin Ho, Faker dan Gumayusi bermarga Lee dari klan Gyeongju. Bahkan pendiri Samsung satu marga dengan mereka. 
  • Gumayusi diambil disaat memikirkan nama apa yang belum pernah dicari. Jadilah terpikir gumayusi. Jika Googling nama gumayusi nanti yang keluar wajah dia. 


  • Kakak gumayusi pemain game profesional StarCraft. Bahkan semua saudara lelakinya kebanyakan pemain game profesional. 
  • Gumayusi awalnya ditentang jadi gamers, namun ayahnya memberikan saran jika sewaktu SMP tidak berhasil menjadi challenger maka menyerahlah.


Fakta menarik Keria T1 LoL 


  • Ukuran sepatu Keria, 265 mm. Tidak jauh berbeda ukuran sepatu Soo Geon. Tinggi badannya juga sama. 
  • Keria akui peran support dianggap kemampuan bermain lemah. Makanya ia ambil posisi tsb agar bisa bersaing dengan posisi yang sama dengan lawan mainnya. Posisi pemain memilih sendiri perannya dalam tim. 
  • Keria ingin jadi game profesional gegara lihat kakaknya juga pemain game profesional. 


  • Keria saat senggang suka nonton idol girlgroup terutama Newjeans. Makanya saat pertandingan berhasil babak semifinal langsung teriak newjeans. Ia juga berhasil mendapat tanda tangannya. 


Fakta menarik Zeus T1 LoL 


  • Zeus karena member termuda suka bertutur kata informal pada yang lebih tua. 
  • Zeus jadi challenger kala usia 16 tahun.


Fakta menarik Oner T1 LoL


  • Oner terlambat jadi challenger kala SMA.
  • Oner juga ikut pelatihan menyanyi dan bisa nyanyi.


Fakta menarik Faker T1 LoL


  • Posisi paling populer Mid Laner seperti Faker. Tak heran Faker sangat populer
  • Faker dimasanya saat perilisan game League of Legend dirinya kelas 9. Tiap musim baru LoL keluar, ia selalu bermain. Kemudian ia ditawari jadi game profesional dan tak menyangka menjadi suatu profesi menghasilkan uang.
  • Bisa dibilang Faker membuat rentang usia gamers lebih panjang. Biasanya usia 20ab awal dianggap pensiun. Sekarang usia akhir 20an dan awal 30an bisa jadi gamers. 
  • Faker sempat tidak ikut permainan gegara cidera lengan dan pergelangan tangan harus sering pegang mouse. 
  • Faker berbagi pengalaman saat melawan tim JDG tim terkuat dari Tiongkok di semifinal. Ia bakalan menikmati permainan apapun hasilnya, tak menyangka bisa menang. 
  • Faker pernah ditawari kontrak kerja dari Tiongkok dengan tawaran 26 juta dollar per tahun tapi memilih kontrak panjang T1. Semua member T1 juga memperpanjang kontrak dengan T1. 
  • Majalah Times menulis Faker sebagai tokoh olahraga berpengaruh dunia. Pemain T1 juga mendapat penghargaan pemain terbaik league of Legend Champions 2023. 
  • Seperti kata band Wali. Nenekku pahlawanku itu benar adanya seperti yang dialami Faker. Nenek Faker tahu banyak tentang games bahkan memberi banyak petuah pada Faker. Faker juga banyak berterima kasih pada neneknya yang mendukungnya.