Di episode 416 Knowing brothers ada duo member TVXQ yang merayakan debut anniversary 20 tahun sekaligus promosi album 9 mereka. Wah baru opening datang ke set lokasi syuting sudah heboh dengan dance Yunho yang membara 🔥 diirigi lagu "Keep Your Head Down" dan Changmin hanya bisa tercengang kobar api semangat Yunho. 


Di industri hiburan Korea Selatan tak banyak idol boygroup yang masih aktif selama 20 tahun, masih terus berkarya dan berpromosi. Tak heran TVXQ tak percaya masih bisa eksis sampai sekarang. Mereka berdua tak pernah lupa momen pertama kali tampil di akhir tahun 2003 di panggung special kolaborasi BoA dan Britney Spears. Siapa mereka belum debut sudah tampil di panggung besar dan satu panggung dengan selebriti terkenal, jika bukan koneksi agensi SM entertainment. Popularitas saat debut bisa dibilang sukses apabila TVXQ datang ke Deungchon-dong, dari showroom mobil bekas sampai restoran Kalguksu selalu dipenuhi fans TVXQ yang berdiri sepanjang jalan tsb. Lucunya Yunho yang pertama kali merespons aegyo Kang Ho Dong denga suara cute dan gerakan lucunya. Changmin yang diapit antara Yunho dan Kang Ho Dong merasa lelah melihat aegyo mereka, ingin rasanya pindah tempat duduk. Ekspresi Changmin meme banget. 


Melihat ekspresi Changmin yang begitu lelah membuat Seo Jang Hoon ada kesamaan dengannya, sama-sama tak nyaman dengan aegyo. Wajar sih baik Changmin dan Seo Jang Hoon keduanya ISTJ, si logis dan realistis. Yunho dan Kang Ho Dong juga sama-sama mengucapkan kata bijak kepada orang disekitarnya. Menurut Changmin, tiap hari Yunho selalu berujar kata bijak. Paling terbaru saat diwawancarai mengenai perasaannya anniversary 20 tahun, jawaban Yunho seperti wine yang telah difermentasi 20 tahun. Kang Ho Dong takjub dengan jawaban bijak Yunho. Seo Jang Hoon tak percaya disangka Yunho suka baca buku pengembangan diri padahal tidak, hanya spontanitas yang ia lihat dalam kehidupan sehari-hari.


Ditanya kontribusi atas besarnya agensi mereka SM entertainment, Yunho menjawab bahwa mereka yang membangun pondasi gedung bertinggi di SM entertainment sekarang. Tentu saja Changmin bingung jawaban Yunho yang dirasa berlebihan, bagi Changmin cukup 3 lantai. Sedihnya meski sudah bersama 20 tahun di SM entertainment sayangnya tak pernah dikasih jabatan direktur atau posisi bahkan saham. Berbeda dengan juniornya langsung dapat tawaran posisi direktur. Meski begitu, Changmin tak iri karena situasi SM entertainment tidak baik😁 (jika kalian penikmat KPop pasti tahu berita didepaknya owner SM, Lee Soo Man)


Yunho memang sejak trainee dikenal sangat disiplin. Bayangkan saja masih trainee berlaku tegas ke sesama trainee meski ada yang lebih tua. Apabila masih bermain-main selama trainee lebih baik pulang saja. Alasan Yunho sudah mendisiplinkan sejak trainee karena proses trainee yang berat dan sulit, berapa kali disetel beberapa group kemudian berganti terus sampai siap debut. Tak heran karakter tsb ia bawa ke sampai sekarang kepada juniornya. Pernah diminta memberi nasihat ke Aespa, Yunho tak akan menjadi menjadi senior yang baik tapi bila dirinya menyapanya dengan senyuman maka Aespa diakui oleh semua orang. Riize juga tak kalah tegas sampai dilatih menari kedua kali tampil didepan Yunho. 


Changmin juga bercerita semasa trainee dengan Super Junior. Memang ya cerita trainee TVXQ dan Super Junior tak pernah membosankan. Ada saja yang lucu. Dari Changmin yang tak terima dikatain norak oleh Donghae padahal Changmin anak Seoul, yang dari desa Mokpo justru Donghae. Heechul juga dikatain desa Wonju padahal Donghae dari Mokpo dan Yunho dari Gwangju.



Changmin juga punya kabar baik. Sebagai penggemar tim bisbol LG Twins, baru tahun 2023 meraih kemenangan. Sayangnya sebagai fans MU, kalah terus. Alasan Changmin jadi fans MU karena David Beckham. Yunho juga menimpali bahwa gegara kemenangan tim bisbol LG Twins, Changmin jadi bersemangat dan mendapat energi bagus. 


Hubungan 20 tahun berkarir tak lepas dari kerja keras dan interaksi mereka yang saling menghormati. Lihat saja, selama konser mereka pakai oksigen agar saat nyanyi live tidak terengah-engah sambil dance dan pakai pendingin es agar wajahnya tidak terlihat bengkak kala kepanasan saat konser. Menariknya meski sudah 20 tahun bersama terlihat nyata watak mereka berdua. Yunho memberi nama kontak Changmin dengan sebutan Changmin yang tersayang sedangkan Changmin hanya memberi nama Jung Yunho Hyung. Bener- bener berbeda. 




Segmen kedua dari acara knowing brothers ini lucu. Kan ada sketsa dari kubu yang ingin mempertahankan Yunho sebagai leader dan ada tim Changmin yang mau menggantikan posisi leader. Wah aku baru tahu, jadi leader di SM entertainment, bisa pilih kamar hotel sesuka hati sendiri dan tidak berbagi kamar dengan staf. Lucunya Yunho kan main dancer tapi kenapa bisa lupa koreografi dance TVXQ, justru yang hapal Changmin. 




Komentar aku:

Nonton ini flashback alasan aku suka KPop karena TVXQ meski telat tahu mereka tapi pesonanya tak luntur. Changmin ekspresinya meme-able banget. Tak sangka, meski Changmin sudah menikah dan sudah jadi ayah tapi dia tetap lucu, ganteng dan badannya terawat banget. Salut sih, ia benar- benar menjaga privasi kehidupan pribadinya dan terus berkarya.