Ya sesuai dengan judul bukunya Off the Record ya menceritakan dibalik layar proses pembuatan video food vlogger Ia. Wah aku bisa memahami tuk jadi youtuber itu gak mudah. Butuh modal, keuletan, kegigihan, kreatif dan kerja cerdas

Ia kamu mesti butuh kamera yang bagus karena sekarang orang suka pada nonton yang kualitas video HD. Trus butuh strategi marketing gak cuma asal ceplos gitu terkonsep gitu. Trus butuh kegigihan dalam konsistensi upload video. Gak kayak blogger aku ini males banget terus buat nulis hoho. Dan kerja cerdas apabila ditengah proses gak sesuai rencana.

Kalau blogger gak butuh modal besar buat nulis. Asal menulisnya berbobot, informatif dan shareable. 

Bikin video juga gitu apa yang membuat orang jadi tertarik ama video Ia? Kalau menurut aku banyak footage yang menarik. Ya semacam icon lucu gitu. Apalagi fanbase kpop di Indonesia besar lho makanya pasti penontonnya kpop sekaligus pecinta makan gitu. Kalau aku yang bikin tertarik personality Ia jujur, footage di video lucu, konsistensi tiap minggu upload dan editing video alus banget. Mungkin pengalaman jam terbang kerja di balik layar di malesbanget.com ama kerja di tv gitu.

Wah untuk bikin video bagus kayak Ia banyak drama ya, mulai dari percintaan, kesehatan, dan makanan gak sesuai harapan. 

Kan Ia sempat vakum tuh gak bikin video satu bulan sepertinya sakit pada leher akibat makan pedes yang ekstrem.

Kisah yang bikin aku tersentuh tuh tentang Bokap Ia karena meninggal pas kuliah bareng dengan aku. Kuliah ada hubungan komunikasi, trus dalam percintaan kudu punya rules gitu. 

Pokoknya baca buku ini kamu bikin senyum sendiri, trus bewarna banget di tiap halaman, dan ya sedikit rancu buat aku ada semacam bipolar karena keresahan di dunia nyata ia tulis dan keresahan dunia alien Ia. Hohoho. Meski tidak ditulis secara gamblang gimana proses pembuatan mungkin maklumlah Ia kan tulalit jadi kadang lupa detail gimana hehe ✌ Ia. Wajarlah kan proses buat video uda lama sedangkan bikin buku beberapa bulan kemudian. Seenggaknya kamu cukup tahu tentang hal dasar bikin video, dan ceritanya inspiratif 👍